Buat Rumah Lebih Hidup dengan Warna Dinding yang Tepat

0
1955
Ilustrasi. (pexels.com/@tookapic)
mortarindonesia.com

Rumah merupakan tempat tinggal yang pastinya ingin benar-benar ditata dengan baik. Mulai dari penataan ruang, desain, pemilihan furnitur hingga pemilihan warna dinding, pastinya harus satu tema dan serasi agar kita selalu merasa betah dan nyaman di rumah.

Tapi, memang tidak mudah untuk bisa memilih warna dinding yang tepat. Butuh pertimbangan yang matang karena kalau sampai salah bisa-bisa malah membuat mood jadi berantakan. Belum lagi harus mengulang proses pengecatan yang malah bikin pengeluaran jadi double. Bukannya rumah terasa lebih hidup, tapi malah membuat rumah jadi terkesan berantakan.

Terus gimana dong supaya kita bisa membuat rumah lebih hidup dengan menggunakan warna dinding yang tepat? Jawabannya ada di bawah ini.

  1. Pilih Warna yang Sesuai Selera

Karena ditujukan untuk mewarnai rumah yang akan menjadi tempat tinggal, sudah pasti akan lebih baik bila memilih warna dinding sesuai dengan selera kamu. Karena mau dianggap sebagus apa pun warna dinding rumah kamu oleh orang lain, tetap saja kamu tidak akan bisa merasa ‘tenang’ tinggal di rumah karena warna dinding tak sesuai selera.

Dan yang perlu diingat, biasanya untuk masing-masing ruangan kamu akan memiliki selera warna yang berbeda. Setidaknya atur warna di masing-masing ruangan yang bisa membangun mood kamu. Misal, untuk kamar tidur kamu bisa menggunakan warna yang membuatmu tenang, sedangkan untuk ruang keluarga kamu bisa memilih warna yang dapat meningkatkan semangatmu.

  1. Uji Warna Pilihanmu

Kalau bingung dan punya banyak referensi warna, jangan ragu untuk menguji warna-warna tersebut pada papan poster di salah satu dinding rumah yang lebar. Kemudian amati dan bayangkan bagaimana bila warna itu memenuhi beberapa sudut dinding rumahmu. Pastikan warna yang kamu pilih dapat masuk dengan tema yang kamu usung nantinya, misal tema klasik, smart, minimalis, atau ghotic sekalipun.

  1. Pilih Warna Berbeda di Tahap Finishing

Perbedaan yang signifan pada warna dinding rumah dapat terlihat dengan memilih warna yang tepat di tahap finishing. Misalkan, dinding dan berbagai garis pembatasnya memiliki hue yang sama, kamu bisa menggunakan warna matte sebagai tahap finishing pada dinding dan warna-warna satin pada bagian garis-garis pembatas.

  1. Perhatikan Pencahayaan Rumah

Warna dinding yang kamu pilih bisa saja mendadak tak cerah saat malam karena hanya mengandalkan satu cahaya lampu kamar, atau warna yang dipilih bisa terlihat terlalu norak saat terpapar sinar matahari. Jadi, supaya tidak menyesal di kemudian hari, pastikan kamu memilih warna sesai dengan tata letak pencahayaan di rumah kamu. Atau akali dengan menambahkan lampu di beberapa sudut bila memang pencahayaan di rumah dirasa kurang.

Biasanya penjual cat akan menunjukkan light boxes untuk mengetes warna cat yang akan kamu pilih. Dari situlah kamu bisa tahu seperti apa warna asli cat tersebut dalam kondisi pencahayaan yang normal.

  1. Gunakan Mortar untuk Acian Dinding

Kebanyakan dari kita perlu cat dengan jumlah banyak hanya untuk mengecat satu bagian dinding rumah. Dinding terus dilapisi cat berkali-kali agar warnanya terlihat jelas. Tapi kadang kala warnanya pun tetap tak begitu kentara. Sudah boros cat, warnanya pun tak keluar. Jangan sampai kamu merasakan hal itu.

Karena sebenarnya kesalahannya bukan pada jenis atau merek cat yang kamu beli, tapi pada semen acian yang digunakan untuk melapisi dinding. Karena umumnya yang digunakan untuk acian adalah semen hitam biasa yang punya banyak kekurangan. Di antaranya mudah munculnya retak rambut dan punya pori dinding yang besar sehingga dapat menyerap cat yang dioleskan.

Tentu lain hal bila kamu menggunakan semen mortar untuk acian yang khusus menghaluskan permukaan dinding. Mengaci dengan mortar punya banyak keuntungan, seperti dinding yang lebih cepat kering, lebih padat sehingga tidak akan menyerap cat, warna dinding pun nantinya bisa lebih terlihat, dan sangat minim retak rambut. Keuntungan lainnya yaitu tak perlu lagi diplamir sehingga lebih hemat biaya. Jadi, pastikan saat akan membangun atau merenovasi rumah, gunakan acian mortar untuk menghaluskan permukaan dinding.

Nah, itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu aplikasikan sekarang dalam mewarnai dinding rumah agar suasana rumah bisa terasa lebih hidup. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here