Pilihan Dekorasi Teras Rumah Ciamik yang Manfaatkan Keramik

0
5544
Ilustrasi. (shoalhavenbrickandtile)
mortarindonesia.com

Salah satu bagian dari rumah kita yang tidak boleh luput dari dekorasi adalah bagian teras. Kenapa? Karena teras rumah merupakan bagian rumah paling utama dalam memberikan kesan pertama bagi orang lain saat melihat rumah Anda. Tentu akan menjadi kebanggaan bila ada orang lain yang memberikan kesan baik pada dekorasi teras rumah Anda.

Selain kesan pertama, teras rumah yang ciamik juga bisa membuat Anda betah untuk bersantai di sana saat pagi atau saat akan menikmati senja. Dekorasi teras rumah pun tak melulu dilihat dari tampilan dinding atau pemilihan furnitur, tetapi juga dari permukaan lantai atau pemilihan keramik yang digunakan.

Lalu, bagaimana cara mendekorasi teras rumah agar ciamik dengan memanfaatkan keramik? Tak perlu bingung mencari inspirasi karena jawabannya ada di bawah ini.

  1. Model Klasik Hitam-Putih
Ilustrasi. (chatnhanh)

Model teras rumah ini memang terkesan klasik, tapi tidak pernah lekang oleh zaman karena juga menyinpan unsur modern. Model klasik ini cocok juga bagi kamu yang memang suka dengan perpaduan warna sederhana antara hitam dan putih untuk rumah kamu.

Untuk bisa mendekor teras dengan model klasik ini, Anda bisa menggunakan keramik kilat berukuran kecil. Jangan lupa sertakan juga berbagai dekorasi tambahan seperti pemilihan bangku, meja, dan pot bunga dengan warna senada.

  1. Model Keramik Parket
Ilustrasi. (pinterest)

Ingin membuat kesan teras rumah natural? Anda bisa coba gunakan model keramik parket atau lantai kayu ini untuk dekorasi teras. Dengan keramik parket ini, teras rumah Anda akan terkesan elegan, mewah, sekaligus natural karena pemasangan corak keramiknya tidak menarik garis lurus melainkan saling silang.

  1. Standar Minimalis
Ilustrasi. (Boendesprinkler)

Menggunakan keramik dengan warna abu-abu dengan ukuran standar tak berarti membuat teras rumah terlihat biasa saja. Justru keramik dengan warna ini jauh lebih gampang dipadupadankan dengan tema rumah jenis apa pun. Termasuk hunian modern minimalis yang ada di perkotaan.

Kesan alami juga dapat terlihat dengan desain ini mengingat adanya sebidang tanah yang disisakan oleh rerumputan. Selain itu, desain ini akan sangat cocok bila disandingkan dengan memanfaatkan batu alam berukuran kecil pada dinding teras.

  1. Keramik Hitam
Ilustrasi. (7desainminimalis)

Hitam tak selalu identik dengan kesan kelam atau seram. Tapi ada kesan elegan dan mewah bila kita bisa memadupadankan dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan menyisakan sebidang tanah yang dihiasi tanaman hijau pada salah satu sisi teras. Model ini cocok untuk tipe rumah modern minimalis.

  1. Kombinasi Keramik dan Batu Alam
Ilustrasi. (shoalhavenbrickandtile)

Bila ingin memadupadankan dua gaya dalam satu tema, maka perpaduan antara keramik dengan batu alam bisa jadi alternatif yang cocok. Misal, untuk bagian teras rumah pada salah satu sisinya menggunakan keramik berwarna krem atau cokelat yang berpola silang, sedangkan di sisi lain menggunakan keramik berbahan batu alam gurat natural yang indah.

Mendekor teras rumah memang terkesan gampang-gampang susah, tapi asalkan kita sudah tahu seperti apa tema yang ingin diusung niscaya tidak akan sulit menemukan perpaduan benda yang akan digunakan. Apalagi dengan adanya 5 referensi pilihan di atas dapat memudahkan Anda dalam menentukan gaya dekorasi teras yang diinginkan.

Tapi, apa pun jenis keramiknya, baik di lantai maupun pada dinding akan lebih baik bila menggunakan mortar khusus pemasangan keramik. Karena dengan menggunakan mortar, Anda akan meminimalisir rusaknya keramik akibat terangkat karena panas (popping) maupun lepas karena daya rekat yang kurang. Semen instan mortar untuk pemasangan keramik ini memang sudah diformulasikan lebih kuat untuk merekatkan keramik dibanding semen biasa.

Paling tidak, dekorasi yang sudah memakan biaya tak sedikit itu bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak dengan menggunakan semen instan mortar khusus pemasangan keramik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here